Sunday, May 10, 2020

UAS Pengantar Bisnis


SHELVYANA NOVITA SARI
01219041
MANAJEMEN A1

UAS PENGANTAR BISNIS
Dosen
Hj. I.G.A. Aju Nitya Dharmani, SST. SE. MM.

1. Dalam mengelola sebuah bisnis, para pebisnis dihadapkan pada lingkungan internal dan eksternal. Sebutkan berbagai pihak (siapa saja) yang ada pada lingkungan tersebut dan bagaimana peran mereka?

Jawab:
• Lingkungan Internal
Lingkungan internal adalah sumber daya manusia dan fisik yang mempengaruhi kinerja bisnis secara langsung. Lingkungan ini terdiri atas berikut ini.
a. Karyawan (tenaga kerja/sumber daya manusia).
b. Manajemen (keahlian/pengelola)
c. Pemegang saham (stakeholders)
d. Modal dan peralatan fisik (dana,mesin,gedung)
e. Informasi

• Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal adalah institusi atau kekuatan luar yang potensial mempengaruhi kinerja organisasi. Lingkungan eksternal terdiri dari dua komponen, yakni berikut ini.
a. Lingkungan khusus
Lingkungan khusus adalah bagian dari lingkungan yang secara langsung relevan terhadap pencapaian tujuan organisasi. Lingkungan khusus, meliputi orang-orang yang mempunyai kepentingan dalam organisasi (stakeholder), seperti konsumen, pemasok, pesaing dan kreditor.
b. Lingkungan umum
Lingkungan umum meliputi berbagai faktor, antara lain kondisi ekonomi, politik dan hukum, sosial budaya, demografi, teknologi, dan kondisi global yang mungkin mempegaruhi organisasi. Perubahan lingkungan umum biasanya tidak mempunyai dampak sebesar perubahan lingkungan khusu, namun demikian manajer haru memperhatikan ketika merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan serta mengendalikan aktivita organisasi bisnis.

2. Etika bisnis sangat penting bagi kelangsungan dan kelangenggan suatu usaha.
a. Apakah yang di maksud etika bisnis

Jawab : 
Etika bisnis adalah aturan yang tidak tertulis soal cara menjalankannya dengan adil dan sudah sesuai dengan hukum yang diberlakukan negara, serta tidak tergantung pada kedudukan individu atau perusahaannya di dalam masyarakat. Etika bisnis bisa menjadi standar serta pedoman bagi setiap karyawan termasuk manajemen dan dijadikan sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan landasan kejujuran, moral luhur, transparansi, serta sikap profesional.  

2. Etika bisnis sangat penting bagi kelangsungan dan kelangenggan suatu usaha.
b. Apakah yang di maksud Corporate Social Responsibility ( CSR ) dan berilah contoh penerapannya

Jawab :
• CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.
• Contoh perusahaan yang menerapkan salah satunya Pt. Djarum.  PT. Djarum yang kita kenal bergerak di bidang industri rokok dan yang kita ketahui dengan maraknya issu Global Warming/Pemanasan Global sangat dekat kaitannya dengan asap rokok yang dihasilkan konsumen rokok itu sendiri. Namun PT. Djarum nampaknya punya beberapa gerakan CSR yang salah satunya adalah program Djarum Environmental Initiatives yaitu program penghijauan dan pencegahan erosi lahan hijau yang ada di Indonesia.

3. Bentuk usaha sangat penting bagi legalitas suatu usaha. oleh karena itu suatu usaha perlu memiliki struktur organisasi untuk memperjelas peran sumberdaya yang ada.
a. Sebut dan jelaskan ciri-ciri bentuk usaha!

Jawab :
• Perusahaan Perseorangan atau Individu
Adalah badan usaha kepemilikannya dimiliki oleh satu orang. Individu dapat membuat badan usaha perseorangan tanpa izin dan tata cara tententu.
Ciri-ciri :
1. Relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan
2. Tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi
3. Tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi

• Perusahaan / Badan Usaha Persekutuan / Partnership
Perusahaan persekutuan adalah badan usaha yang dimiliki oleh dua orang atau lebih yang secara bersama-sama bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis.
• Firma
Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.
Ciri-ciri :
1. Seorang anggota mempunyai hak untuk membubarkan firma
2. Pendiriannya tidak memelukan akte pendirian
3. Mudah memperoleh kredit usaha

• Persekutuan Komanditer / CV / Commanditaire Vennotschaap
CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
Ciri-ciri :
1. Sulit untuk menarik modal yang telah disetor
2. Modal besar karena didirikan banyak pihak
3. Mudah mendapatkan kridit pinjaman

• Perseroan Terbatas / PT / Korporasi / Korporat
Perseroan terbatas adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya.
Ciri - ciri :
1. Kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi
2. Modal dan ukuran perusahaan besar
3. Kelangsungan hidup perusahaan pt ada di tangan pemilik saham

• Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Badan Usaha Milik Negara (atau BUMN) ialah badan usaha yang permodalannya seluruhnya atau sebagian dimiliki oleh Pemerintah.
a. Perjan
Perjan adalah bentuk badan usaha milik negara yang seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah. Perjan ini berorientasi pelayanan pada masyarakat, Sehingga selalu merugi.
b. Perum
Perum adalah perjan yang sudah diubah. Tujuannya tidak lagi berorientasi pelayanan tetapi sudah profit oriented.
c. Persero
Persero adalah salah satu Badan Usaha yang dikelola oleh Negara atau Daerah. Berbeda dengan Perum atau Perjan, tujuan didirikannya Persero yang pertama adalah mencari keuntungan dan yang kedua memberi pelayanan kepada umum.
Ciri ciri BUMN :
1. Didirikan berdasarkan Undang-Undang yang berlaku dan dimiliki serta dikelola oleh pemerintah.
2. Didirikan dengan tujuan untuk melindungi keselamatan dan kesejahteraan masyarakat.
3. Dibentuk untuk melaksanakan kebijaksanaan pemerintah.

• Koperasi
Koperasi adalah badan usaha yang berlandaskan asas-asas kekeluargaan.
Ciri-ciri :
1. Perkumpulan orang
2. Pembagian keuntungan menurut perbandingan jasa yang dibatasi
3. Tujuannya maringankan beben ekonomi anggotanya, memperbaiki kesejahteraan anggotanya, pada khususnya dan masyarakat pada umumnya

3. Bentuk usaha sangat penting bagi legalitas suatu usaha. oleh karena itu suatu usaha perlu memiliki struktur organisasi untuk memperjelas peran sumberdaya yang ada.
b. Gambarkan satu jenis organisasi!

Jawab :
Organisasi Garis/ Lini adalah suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya. Bentuk lini juga disebut bentuk lurus atau bentuk jalur. Bentuk ini merupakan bentuk yang dianggap paling tua dan digunakan secara luas pada masa perkembangan industri pertama.


4. Kemampuan manajer sangat penting dalam mengelola operasional perusahaan. ada 3 kemampuan manajer yaitu: Conceptual skills, Human skills, dan Technical skills. Jelaskan penerapan kemampuan tersebut.

Jawab :
• Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills)
Keterampilan Konseptual adalah kemampuan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi sebagai suatu entitas yang lengkap. Keterampilan Konseptual ini meliputi pemahaman tentang kerjasama setiap unit kerja dalam organisasi beserta pemahaman tentang ketergantungan satu unit kerja dengan unit kerja lainnya, perubahan pada suatu unit kerja juga akan mempengaruhi unit kerja atau bagian lainnya
• Keterampilan Berhubungan dengan Orang lain (Humanity Skills)
Keterampilan berhubungan dengan Orang lain atau Humanity Skill ini adalah kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya. Keterampilan ini akan memungkinkan para manajer untuk menjadi pemimpin dan memotivasi karyawannya untuk mendapatkan prestasi kerja yang lebih baik.
• Keterampilan Teknis (Technical Skills)
Keterampilan Teknis ini adalah Kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan teknik tertentu dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya seperti kemampuan dan pengetahuan untuk merancang produk, memperbaiki mesin, mengoperasikan mesin, merakit komputer, membuat program komputer, menyiapkan pembukuan dan laporan keuangan, menjual produk, menciptakan lagu, memasak makanan dan lain sebagainya. 

5. Apabila saudara adalah seorang konsultan manajemen dan membantu merekomendasikan bentuk kepemilikan bisnis apakah yang tepat pada situasi berikut:
a. Empat orang dokter ingin mendirikan praktek bersama dan masing-masing ingin memiliki kewajiban yang terbatas

Jawab : 
Bentuk kepemilikan bisnis yang tepat untuk 4 orang dokter yang ingin mendirikan praktek bersama dan masing-masing ingin memiliki kewajiban terbatas yaitu Perseroan Komanditer (CV).

5. Apabila saudara adalah seorang konsultan manajemen dan membantu merekomendasikan bentuk kepemilikan bisnis apakah yang tepat pada situasi berikut:
b. Seorang teman ingin membuka toko kelontong miliknya sendiri.

Jawab :
Bentuk kepemilikan bisnis yang tepat untuk membuka toko kelontong miliknya sendiri yaitu Perusahaan Perseorangan. Karena perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemiliklah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.

5. Apabila saudara adalah seorang konsultan manajemen dan membantu merekomendasikan bentuk kepemilikan bisnis apakah yang tepat pada situasi berikut:
c. Seorang pengusaha ingin membeli bisnis baja besar

Jawab : 
Bentuk kepemilikan bisnis untuk pengusaha yang ingin membeli baja besar yaitu Perseroan Terbatas (PT).

5. Apabila saudara adalah seorang konsultan manajemen dan membantu merekomendasikan bentuk kepemilikan bisnis apakah yang tepat pada situasi berikut:
d. Lia orang teman ingin membangun sebuah komplek apartemen dan sangat memikirkan tentang tangung jawab terbatas

Jawab :
Bentuk kepemilikan bisnis untuk lima orang teman yang ingin membangun sebuah komplek apartemen dan sangat memikirkan tanggung jawab terbatas yaitu Perseroan Terbatas (PT)

6. Saudara sudah mengamati sebuah bisnis yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggal. jelaskan apakah hasil pengamatan yang menarik dan yang perlu memperoleh perhatian ( perlu dibantu pengembangannya)?

Jawab :
PENJUAL PAKAIAN
• Usaha kecil yang telah saya amati yaitu usaha kecil dari seorang penjual pakaian di salah satu pasar tradisional yang berada didaerah Surabaya yang berawal hanya sebagai karyawati  penjaga toko pakaian dan sekarang sudah memiliki toko sendiri di pasar tradisional tersebut dan bahkan sudah memberikan lapangan kerja bagi beberapa karyawati tokonya.
• Kelemahan dari usaha ini adalah ia akan mengalami kerugian yang cukup besar jika baju yang dijual tidak laku dipasaran lagi karna trend atau musim pakaian tersebut sudah habis atau sudah berganti model.
• Kekuatan penjual pakaian adalah memilliki strategi  tersendiri agar tidak tersaingi oleh pedagang lainnya. Lain karena itu,kekuatan penjual pakaian akan terus berfikir karena perdagangan semakin ketat, maka dari itu mereka selalu mengeluarkan ide-ide agar bisa mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.
• Peluang penjual pakaian adalah saat-saat waktu tertentu saja penjual pakaian menaikan harga pakaiannya lebih mahal dari pada hari-hari biasanya dan penjual pakaian akan menaikan harganya pada saat bulan ramadhan atau empat hari menjelang lebaran. Peluang itulah yang di harapkan para pedagang pakaian.

#bangganarotama
#missmanagement
#narotamajaya
#universitasnarotama
#elinanarotama
#kuliahdarirumah
#ujiandarirumah
#thinksmart

No comments:

Post a Comment