Monday, May 4, 2020

Soal Bisnis Internasional


SHELVYANA NOVITA SARI
01219041
MANAJEMEN A1

1. Kegiatan pemasaran dalam bisnis internasional, mulai dari menilai dan menganalisis pasar, memasarkan secara internasional, sampai melakukan kegiatan ekspor dan impor. Untuk itu jelaskan hal-hal apa saja yang menurut anda harus dilakukan, khususnya terkait dengan akspek pemasaran, agar misi bisnis organisasi sukses ?

2. Pelaku pasar di negara maju memandang produk dari negara sedang berkembang sebagai produk berkualitas rendah. Strategi apa yang dapat digunakan untuk menjual produk-produk buatan negara sedang berkembang dengan negara maju dengan sukses ?

3. Apa yang anda pahami dan apa manfaat dari misi sosial atau dalam istilah asing dikenal dengan CSR (Corporate Sosial Responsibility) bagi perkembangan perusahaan di masa yang akan datang ?

Jawab No. 1

1. Menentukan rumusan strategi 
Langkah manajemen pemasaran internasional :
• Mengetahui keadaan lingkungan internasional.
• Mempunyai tujuan yang jelas serta kebijakan.
• Mengetahui sasaran pasar internasional yang akan diincar.
• Adanya program pemasaran.
• Mempunyai organisasi pemasaran.
• Pengevaluasian dan pengendalian.

2. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan
• Perhatikan mutu produk sebelum memulai bisnis internasional
Perhatikan kualitas produk agar sesuai dengan mutu yang ada di pasar internasional.
• Memahami aturan ekspor impor
Mendalami peraturan di negara tujuan ekspor guna mengetahui produk apa saja yang boleh dan tidak boleh masuk ke negara tersebut. Sehingga para pelaku bisnis tidak akan salah memilih calon buyer, sehingga kerja sama ekspor impor dapat berjalan dengan lancar.
• Ketahui prosedur teknis
Mulai dari prosedur administrasi yang harus dilengkapi, peralatan serta perlengkapan, prosedur bea cukai, hingga prosedur pembayaran yang biasa digunakan. Persiapkan pula dokumen, agar produk yang telah siap dikirim tak tertahan karena dokumen yang kurang lengkap.
• Hindari resiko perubahan nilai tukar yang merugikan
Suatu perusahaan berbasis bisnis internasional akan mendasarkan kegiatan bisnisnya pada pertimbangan perubahan nilai tukar di suatu negara. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko kerugian karena melemah atau menguatnya nilai tukar yang tak stabil (volatile of exchange rate). 

Jawab No.2

• Mempersiapkan Produk Berstandar Nasional dan Internasional
Mempersiapkan standar nasional (SNI) dari Badan Standar Nasioan (BSN) dan kemudian juga untuk melangkah ke standar internasional (ISO).
• Perluas Jaringan Anda dengan Pemasaran Aktif di Dunia Online
Buat situs resmi untuk produk barang atau jasa, serta daftarkan diri di beberapa situs direktori bisnis sesuai dengan produk. Mengaktifkan beberapa program media sosial seperti: blog, facebook, twitter dll. Juga mengoptimalkan mesin pencari pencari seperti Google, Yahoo, atau bahkan Baidu.
• Ikuti pameran lokal
Ikuti pameran produk-produk local, seperti rutinitas pameran yang dilaksanakan dan sudah memiliki citra yang baik dari pembeli (konsumen) baik lokal maupun internasional
• Anda Harus Memiliki Barometer Produk Sejenis
Cari produk yang serupa, produk tersebut harus sudah menjadi pasar leader baik di lokal dan di luar negeri dalam menjadi barometer produk Anda. Anda perlu belajar dari meraka bagaimana memimpin pasar, dapat terus bertahan dan berinovasi dalam mengembangkan produk yang sejenis dengan produk Anda.
• Sosialisasikan produk Anda ke industri sesuai dengan target audiens atau segmen pasar Anda
Beri mereka (pelanggan) beberapa promo yang menarik. Berikan demo tentang kualitas produk Anda secara langsung & mencobanya secara gratis sehingga mereka tahu produk Anda.

Jawab No.3

• Manfaat bagi masyarakat
Manfaat CSR bagi masyarakat yaitu dapat mengembangkan diri dan usahanya sehingga sasaran untuk mencapai kesejahteraan tercapai.

• Manfaat bagi perusahaan
1. Meningkatkan citra perusahaan
2. Memperkuat "brand" perusahaan
3. Mengembangkan kerjasama dengan para pemangku kepentingan
4. Membedakan perusahaan dengan pesaingnya
5. Menghasilkan inovasi dan pembelajaran untuk meningkatkan pengaruh perusahaan.

1 comment:

  1. Saya tidak percaya ada pemberi pinjaman online asli yang begitu baik dan jujur ​​seperti Tuan Pedro yang memberi saya pinjaman sebesar 2 juta Euro untuk melaksanakan proyek saya yang sudah lama datang dan menunggu untuk dilaksanakan tetapi dengan bantuan Petugas Tuan Pedro dan semuanya mudah bagi saya.
    Saya akan meminta Anda untuk menghubungi Petugas Pinjaman Pedro di pedrloanss@gmail.com atau WhatsApp +393510140339

    ReplyDelete